Rabu, 16 Oktober 2013

Tematik (IPS & IPA) kelas 3 SD

Perilaku Memelihara Kesehatan Lingkungan Alam dan Buatan


pernahkah kamu berkunjung ke pedesaan? Jika kamu pernah berkunjung kesana, tentunya kamu akan merasa senang. Di pedesaan kita dapat melihat banyak pohon, sungai, gunung, sawah, dan panorama alam yang indah lainnya. Disana udaranya bersih, tidak banyak kendaraan bermotor, tidak banyak pabrik, dan airnya pun bersih.
Sekarang, bandingkanlah dengan lingkungan perkotaan! Manakah yang termasuk lingkungan sehat?

Dipedesaan kita dapat melihat lingkungan alam yang mana lingkungan alam itu terbentuk karena adanya proses alam atau dengan kata lain terjadi secara alami. Oleh karena itu, kita harus bisa menjaga lingkungan alam agar tidak rusak dan tetap sehat.
Ada beberapa cara agar lingkungan alam kita tetap sehat, antara lain:
1.     Melakukan Reboisasi
Reboisasi adalah suatu upaya untuk menanami kembali hutan atau gunung yang gundul. Kegiatan ini dilakukan agar hutan dan gunung hijau kembali dan pohon-pohon tumbuh kembali sehingga dapat mengurangi bahaya banjir dan tanah longsor. Selain itu akar pohon dapat menyerap air sehingga cadangan air dapat tersedia dengan baik dan bahaya kekeringan dapat dikurangi.
2.    Tidak Menebang Pohon Sembarangan
Menebang pohon sembarangan tanpa melakukan reboisasi kembali merupakan tindakan tidak terpuji dan merusak keseimbangan alam. Oleh karena itu, menebang pohon tidak boleh sembarangan apalagi sampai menyebabkan hutan dan gunung gundul.
3.    Tidak Membuang Sampah di Sembarang Tempat
Membuang sampah sembarangan adalah sikap yang tidak terpuji, karena disamping dapat mengotori lingkungan, sampah yang dibuang sembarangan dapat menyebabkan banjir. Misalnya kamu membuang sampah ke sungai, got atau selokan lama-kelamaan, sampah itu akan menumpuk dan pada saat musim hujan tiba, air tidak dapat mengalir karena tersumbat sampah, akhirnya terjadilah banjir.
Selain itu, tumpukan sampah juga menimbulkan bau busuk. Padahal lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang udaranya bersih.
          Disamping ada lingkungan alam yang harus kita jaga kebersihan dan kesehatannya, lingkungan buatan seperti taman dan bangunan rumah pun harus kita jaga kebersihan dan kesehatannya. Lingkungan buatan merupakan hasil buatan manusia. Setiap hari kita harus membersihkan kamar tidur kita, meja, kaca, lantai, langit-langit rumah, kamar mandi, dan halaman rumah kita.
          Kamar tidur harus kita rapikan setiap hari, jangan biarkan bantal, selimut, dan pakaian berserakan dimana-mana agar tidak menjadi sarang nyamuk. Lantainya harus disapu setiap hari dan bukalah jendela kamarmu setiap pagi agar udara yang kotor berganti dengan udara bersih.
          Meja dan kursi hendaknya dilap dengan kain lap atau dibersihkan dengan kemonceng. Lantai rumah di sapu dengan sapu kemudian dipel dengan kain pel. Langit-langit rumah dapat dibersihkan dengan sapu ijuk yang panjang. Kaca jendela dapat dibersihkan dengan lap agar kaca bersih dari debu yang menempel.
          Kamar mandi harus sering dibersihkan. Sikat lantainya dan kuraslah bak mandi minimal seminggu dua kali agar tidak ada jentik-jentik nyamuk yang tumbuh disana. Halaman rumah dapat dibersihkan dengan cara disapu dengan sapu lidi.
          Memelihara lingkungan dengan baik adalah tugas kita semua. Oleh karena itu, kita semua harus selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih, nyaman dan sehat.

Kerjakan soal-soal berikut ini.
A.  Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1.     Alam semesta adalah ciptaan …
a.    Manusia
b.    Nenek moyang
c.    Tuhan Yang Maha Esa
d.    Pahlawan
  1. Memelihara lingkungan alam harus kita lakukan karena ...
a.    tidak dibutuhkan
b.    bagian dari hidup kita
c.    membutuhkan kita
d.    menghindari bencana
  1. Membuang sampah ke sungai dapat mengakibatkan …
a.    Banjir
b.    Gempa
c.    Longsor
d.    Kekeringan
  1. Manusia memerlukan udara dan air yang …
a.    Banyak
b.    bersih dan sehat
c.    sedikit
d.    kotor
  1. Upaya untuk menanami kembali hutan atau gunung yang gundul disebut …
a.    Abrasi
b.    Reboisasi
c.    Radiasi
d.    Polusi
  1. Rumah kita harus kita … setiap hari.
a.    Cat
b.    Kotori
c.    Bersihkan
d.    Lap
  1. Lingkungan buatan juga harus kita …
a.    Biarkan
b.    Gunakan
c.    Rawat
d.    Pelihara dan jaga
  1. Menjaga kebersihan kamar mandi dapat dilakukan dengan cara …
a.    Menguras bak mandi minimal dua kali dalam seminggu
b.    Mengelap dengan kain lap
c.    Memberi banyak hiasan
d.    Tidak mengganti air dalam bak mandi
  1. Agar udara dalam kamar bersih, maka setiap hari jendela harus kita …
a.    Tutup
b.    Buka
c.    Kunci
d.    Rusak
  1. Tindakan anak pada gambar dibawah ini dapat merugikan …
a.    Diri sendiri
b.    Orang lain
c.    Diri sendiri dan orang lain

d.    Tuhan  

1. C
2. D
3. A
4. C
5. B
6. C
7. D
8. A
9. B
10. C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar