Selasa, 18 Desember 2012


Pantai Pasir


Oleh: Anissyafa’at Nurlatifah


Didekat rumahku terdapat pantai yang indah. Terdapat karang besar yang menghiasi tepian pantai itu. Terdapat pula beragam perahu mesin yang digunakan nelayan mencari ikan di laut. Di sebelah Barat terdapat tempat pelelangan ikan untuk membeli ikan hasil tangkapan nelayan oleh para juragan ikan disana. Pantai Pasir terdapat di kawasan kota Kebumen bagian selatan dekat samudra Hindia
di kecamatan Ayah. Pantai Pasir diapit oleh bukit. Jika ingin melihat keindahan laut yang luas, tak sedikit orang yang mendaki ke bukit itu. Di sisi bukit sebelah Timur terdapat goa yang mengahadap kelaut. Di Goa tersebut terdapat sarang burung walet, yang untuk mendapatkannya harus melalui proses yang sangat sulit dan nyawalah taruhannya. Di hamparan pantai yang luas itu terdapat kerang-kerang kecil yang indah dan hidup hewan-hewan pantai seperti kepiting.

Di sepanjang karang dan bebatuan banyak sekali para pemancing melakukan hobinya dengan ditemani deruan ombak dan angin semilir di pantai. Hasil laut yang tak menentu tak membuat para nelayan patah semangat. Mereka selalu berusaha untuk berlayar ke tengah samudra demi mencari seekor ikan. Dari berbagai jenis ikan yang hidup di lautan, ikan bawal adalah salah satu jenis ikan yang mahal. Para nelayan berlomba-lomba untuk mendapatkannya. Selain ikan terdapat pula keong, lobster, kepiting laut, rajungan, cumi-cumi, penyu, ubur-ubur bahkan rumput laut pun ada. Tak hanya ikan kecil, ikan raksasa pun sering tertangkap oleh para nelayan meskipun tanpa disengaja. Sebab, ikan raksasa tidak terlalu laku di pasaran.
Tidak sedikit nelayan yang meninggal karena terseret ombak. jadi saat bermain di pantai kita hendaknya berhati-hati karena laut selatan dikenal dengan ombak besarnya.
Pantai Pasir memang bukan tempat wisata, tetapi tak sedikit pula orang yang berlibur kesana untuk menikmati keindahan pantainya. Jika sahabat sedang bepergian dan melintasi kawasan tersebut, mampirlah sebentar untuk melihat indahnya pantai kami. ^^
Sedikit info, saat ada gempa bantul beberapa tahun lalu, dampaknya sampai ke pantai kami. Disana terjadi tsunami kecil yang merusak perahu-perahu para nelayan. Tetapi tidak terdapat korban jiwa.
Berikut beberapa foto dari pantai pasir:

Pantai Pasir dilihat dari atas bukit

Pantai Pasir

Perahu-perahu yang digunakan nelayan

Tetrapod sebagai pemecah ombak
Pantai Pasir

Pantai Pasir dari atas bukit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar