Senin, 07 Oktober 2013

LEMBAR KERJA MAHASISWA

Latar Belakang
Setiap guru mempunyai keterbatsan dalam menyajikan materi kepada para siswanya karena berbagai sebab, seperti konsep yang abstrak, objek yang berbahaya, objek yang tidak terlihat secara kasat mata, biaya yang sangat mahal untuk menghadirkan objek bahasan ke dalam kelas. Berbagai keterbatasan tersebut antara lain dapat diatasi dengan pemanfaaatan teknologi informasi dan komunikasi.Dalam  pertemuan kali ini kita akan membahas tentang pengertian, jenis dan potensi Teknologi Informasi dalam pembelajaran.

Setelah mengetahui Latar Belakan perlunya TI dalm Pembelajaran Diskusikanlah pertanyaan berikut:

1.      Pengertian mengenai teknologi informasi dan komunikasi
Jawab:
Menurut Puskur Diknas Indonesia, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)    mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
a.       Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses,  penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
b.      Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Jadi Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang  segala kegiatan  yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media yang dapat digunakan untuk transfer data baik satu arah maupun dua arah.

2.      Jika disuatu sekolah ada seorang guru yang menggunakan media kset audio interaktif dalam kegiatan belajar mengajarnya. Dengan pemanfaatan media tersebut terjadilah efisiensi dalam arti guru masih mempunyai waktu yang tersisa dari yang disediakan. Waktu yang tersisa ini merupakan nilai tambah yang dihasilkan melalui pemanfaatan media tersebut. Dalam kaitan ini guru dapat menggunakan waktu yang tersisa untuk membimbing para siswanya melakukan latihan atau untuk berdiskusi. Pada akhirnya memberikan implikasi pada peningkatan hasil prestasi belajar siswa.
Menurut saudara apakah guru tersebut sudah dapat dikatan memanfaatkan TI dalam kegiatan pembelajaran? Kemukakan alasan saudara:
Jawab:
            Ya, guru tersebut sudah memanfaatkan TI dalam kegiatan pembelajaran karena media kaset audio yang digunakan merupakan perangkat hardware yang dapat digunakan untuk merekam sehingga guru tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga guru dapat memanfaatkan waktu secara maksimal.

3.      Setelah membicarakan paradigma pendidikan maka berikutnya coba saudara tuliskan jenis jenis perangkat teknologi dan informasi:
Jawab:
a.       Hardware (perangkat keras)
Merupakan salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan  yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

b.      Software (perangkat lunak)
Merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang imengerti oleh komputer.
c.       Brainware (operator computer)
Adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam komputer. Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari Hardware maupun Software. Brainware termasuk bagian penting dari sebuah sistem komputer. Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Software, sedangkan Software dan Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Brainware. Jadi 3 komponen ini saling terkait dan saling membutuhkan.

4.      Berikan alasan saudara kenapa kita harus menghargai hak cipta
Jawab:
Kita harus menghargai hak cipta karena hak cipta sendiri adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan, memperbanyak ciptaannya, atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berbagai alasan mengapa kita harus menghargai karya orang lain di antaranya:
1)      Penguna internet tentunya berasal dari berbagai negara di dunia yang mempunyai kebudayaan, bahasa agama, ras yang berbeda dengan kita. Pastinya mereka tidak menuliskan identitas asli, meskipun begitu kita tetep harus menghagai mereka.
2)      Agar aman dari gangguan tangan-tangan jail gunakan lisensi program yang komersil jika sulit gunakan program open source atau free yang memberi lisensi gratis atau murah. Untuk para pembaca hargailah karya orang lain.
3)      Sebagai putra bangsa kita harus senantiasa menghargai hak cipta orang lain,karena hal tersebut akan menggambarkan rasa cinta kita terhadap bangsa dan negara kita.
Cara menghargai hak cipta orang lain sangat banyak sekali seperti:
1)      Selalu menggunakan perangkat lunak yang legal dan berlisensi.
2)      Tidak menyalahgunakan perangkat lunak untuk berbagi hal yang melanggar hokum.
3)      Selalu menggunakan perangkat lunak untuk hal-hal positif.
4)      Tidak melakukan penggandaan software-software illegal.
5)      Tidak mengubah program computeryang memang tidak boleh diubah oleh pembuatnya

5.      Sebutkan pula pengertian sowtware open surce dan sofware propriety
Jawab:
a.       Sowtware open surce adalah istilah yang digunakan untuk software yang membuka/membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut. Dan yang menarik dan salah satu keunggulannya adalah bahwa Open source software dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi. Biasanya orang mendapatkan software ini dari internet. Salah satu open source software yang terkenal yaitu Linux.
b.      Sofware propriety merupakan software yang dilindungi oleh hak cipta dari penyalahgunaan dan penggunaan tidak resmi. Proprietary software umumnya dijual dengan harga yang cukup tinggi dan tidak menyertakan source code pada pembelinya. Dalam hal ini, pembeli hanya akan membayar sejumlah uang berdasarkan fitur dan fasilitas yang ada di software tersebut. proprietary software melarang kegiatan distribusi dan menyalin tanpa izin.

6.      Potensi Teknologi dan Informasi dalm pembelajaran menurut saya adalah
Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran menurut kami adalah memadukan kedua unsur teknologi informasi dan teknologi komunikasi menjadi teknologi informasi dan komunikasi dengan tujuan siswa memiliki kompetensi untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai perangkat keras dan perangkat lunak untuk mengolah, menganalisis dan mentransmisikan data dengan memperhatikan dan memanfaatkan teknologi komunikasi untuk memperlancar komunikasi dan produk teknologi informasi yang dihasilkan bermanfaat sebagai alat dan bahan komunikasi yang baik. Salah satu contoh teknologi informasi dan komunikasi berbasis e- learning adalah penggunaan media internet.

Teknologi informasi menekankan pada pelaksanaan dan pemprosesan data seperti menangkap, mentransmisikan, menyimpan, mengambil, memani-pulasi atau menampilkan data dengan menggunakan perangkat-perangkat tek-nologi elektronik terutama komputer. Makna teknologi informasi tersebut belum menggambarkan secara langsung kaitannya dengan sistem komunikasi, namun lebih pada pengolahan data dan informasi. Teknologi komunikasi menekankan pada penggunaan perangkat teknologi elektronika yang lebih menekankan pada aspek ketercapaian tujuan dalam proses komunikasi sehingga data dan informasi yang diolah dengan teknologi informasi harus memenuhi kriteria komunikasi yang efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar