LEMBAR KERJA MAHASISWA
Latar Belakang
Setiap guru mempunyai keterbatsan dalam menyajikan materi
kepada para siswanya karena berbagai sebab, seperti konsep yang abstrak, objek
yang berbahaya, objek yang tidak terlihat secara kasat mata, biaya yang sangat
mahal untuk menghadirkan objek bahasan ke dalam kelas. Berbagai keterbatasan
tersebut antara lain dapat diatasi dengan pemanfaaatan teknologi informasi dan
komunikasi.Dalam pertemuan kali ini kita
akan membahas tentang pengertian, jenis dan potensi Teknologi Informasi dalam
pembelajaran.
Setelah mengetahui Latar Belakan perlunya TI dalm
Pembelajaran Diskusikanlah pertanyaan berikut:
1. Pengertian mengenai teknologi
informasi dan komunikasi
Jawab:
Menurut
Puskur Diknas Indonesia, Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan
Teknologi Komunikasi.
a. Teknologi Informasi adalah meliputi
segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu,
manipulasi, dan pengelolaan informasi.
b. Teknologi Komunikasi adalah segala
hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer
data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Jadi
Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak
terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan
yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan
informasi antar media yang dapat digunakan untuk transfer data baik satu arah
maupun dua arah.
2. Jika disuatu sekolah ada seorang
guru yang menggunakan media kset audio interaktif dalam kegiatan belajar
mengajarnya. Dengan pemanfaatan media tersebut terjadilah efisiensi dalam arti
guru masih mempunyai waktu yang tersisa dari yang disediakan. Waktu yang
tersisa ini merupakan nilai tambah yang dihasilkan melalui pemanfaatan media
tersebut. Dalam kaitan ini guru dapat menggunakan waktu yang tersisa untuk
membimbing para siswanya melakukan latihan atau untuk berdiskusi. Pada akhirnya
memberikan implikasi pada peningkatan hasil prestasi belajar siswa.
Menurut
saudara apakah guru tersebut sudah dapat dikatan memanfaatkan TI dalam kegiatan
pembelajaran? Kemukakan alasan saudara:
Jawab:
Ya, guru tersebut sudah memanfaatkan
TI dalam kegiatan pembelajaran karena media kaset audio yang digunakan
merupakan perangkat hardware yang dapat digunakan untuk merekam sehingga guru
tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga guru dapat memanfaatkan waktu secara
maksimal.
3. Setelah membicarakan paradigma
pendidikan maka berikutnya coba saudara tuliskan jenis jenis perangkat
teknologi dan informasi:
Jawab:
a.
Hardware
(perangkat keras)
Merupakan salah satu komponen dari
sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara
langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses
komputerisasi. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan
ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set.
Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka
hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan
oleh pemberi perintah.
b.
Software
(perangkat lunak)
Merupakan program-program
komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang
dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang imengerti oleh
komputer.
c.
Brainware
(operator computer)
Adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta
mengatur sistem di dalam komputer. Diartikan juga sebagai perangkat intelektual
yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari Hardware maupun Software.
Brainware termasuk bagian penting dari sebuah sistem komputer. Hardware tidak
dapat bekerja tanpa adanya Software, sedangkan Software dan Hardware tidak
dapat bekerja tanpa adanya Brainware. Jadi 3 komponen ini saling terkait dan
saling membutuhkan.
4. Berikan alasan saudara kenapa kita
harus menghargai hak cipta
Jawab:
Kita harus menghargai hak cipta karena hak cipta sendiri adalah hak eksklusif bagi pencipta
atau penerima hak untuk mengumumkan, memperbanyak ciptaannya, atau memberikan
izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan
perundang-undangan yang berlaku. Berbagai alasan mengapa kita harus menghargai karya orang
lain di antaranya:
1)
Penguna
internet tentunya berasal dari berbagai negara di dunia yang mempunyai
kebudayaan, bahasa agama, ras yang berbeda dengan kita. Pastinya mereka tidak
menuliskan identitas asli, meskipun begitu kita tetep harus menghagai mereka.
2)
Agar
aman dari gangguan tangan-tangan jail gunakan lisensi program yang komersil
jika sulit gunakan program open source atau free yang memberi lisensi gratis
atau murah. Untuk para pembaca hargailah karya orang lain.
3)
Sebagai
putra bangsa kita harus senantiasa menghargai hak cipta orang lain,karena hal
tersebut akan menggambarkan rasa cinta kita terhadap bangsa dan negara kita.
Cara menghargai
hak cipta orang lain sangat banyak sekali seperti:
1)
Selalu menggunakan perangkat lunak yang
legal dan berlisensi.
2)
Tidak menyalahgunakan perangkat lunak
untuk berbagi hal yang melanggar hokum.
3)
Selalu menggunakan perangkat lunak untuk
hal-hal positif.
4)
Tidak melakukan penggandaan
software-software illegal.
5)
Tidak mengubah program computeryang
memang tidak boleh diubah oleh pembuatnya
5. Sebutkan pula pengertian sowtware open surce dan sofware propriety
Jawab:
a.
Sowtware open surce adalah istilah yang digunakan untuk
software yang membuka/membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain
dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus
memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut. Dan yang
menarik dan salah satu keunggulannya adalah bahwa Open source software dapat
diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi. Biasanya
orang mendapatkan software ini dari internet. Salah satu open source software
yang terkenal yaitu Linux.
b.
Sofware propriety merupakan software yang dilindungi
oleh hak cipta dari penyalahgunaan dan penggunaan tidak resmi. Proprietary
software umumnya dijual dengan harga yang cukup tinggi dan tidak menyertakan
source code pada pembelinya. Dalam hal ini, pembeli hanya akan membayar
sejumlah uang berdasarkan fitur dan fasilitas yang ada di software tersebut.
proprietary software melarang kegiatan distribusi dan menyalin tanpa izin.
6. Potensi Teknologi dan Informasi dalm
pembelajaran menurut saya adalah
Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
menurut kami adalah memadukan kedua unsur teknologi informasi dan teknologi
komunikasi menjadi teknologi informasi dan komunikasi dengan tujuan siswa
memiliki kompetensi untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai perangkat
keras dan perangkat lunak untuk mengolah, menganalisis dan mentransmisikan data
dengan memperhatikan dan memanfaatkan teknologi komunikasi untuk memperlancar
komunikasi dan produk teknologi informasi yang dihasilkan bermanfaat sebagai
alat dan bahan komunikasi yang baik. Salah satu contoh teknologi informasi dan
komunikasi berbasis e- learning adalah penggunaan media internet.
Teknologi informasi menekankan pada pelaksanaan dan
pemprosesan data seperti menangkap, mentransmisikan, menyimpan, mengambil,
memani-pulasi atau menampilkan data dengan menggunakan perangkat-perangkat
tek-nologi elektronik terutama komputer. Makna teknologi informasi tersebut
belum menggambarkan secara langsung kaitannya dengan sistem komunikasi, namun
lebih pada pengolahan data dan informasi. Teknologi komunikasi menekankan pada
penggunaan perangkat teknologi elektronika yang lebih menekankan pada aspek
ketercapaian tujuan dalam proses komunikasi sehingga data dan informasi yang
diolah dengan teknologi informasi harus memenuhi kriteria komunikasi yang
efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar