Minggu, 06 Oktober 2013

Rumus Bola
Apakah anda salah satu penggemar sepak bola?. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa permainan sepak bola merupakan permainan olahraga yang sangat populer sejagat. Olahraga ini dimainkan  olah dua tim dengan jumlah masing-masing anggota sebelas orang. Dimainkan di sebuah lapangan dengan ukuran 100- 110 m2. Dalam pertandingan sepak bola kedua tim yang bertanding saling memperebutkan bola yang dimainkan dengan kaki. Kita tidak akan membahas panjang lebar lagi mengenai sepak bola, tetapi yang kan kita bahas adalah alat utama yang digunakan yaitu Bola.
Bola merupakan salah satu contoh bangun ruang dengan sisi lengkung.


Definisi Bola

Bangun ruang sisi lengkung yang terjadi dari tumpukan empat buah lingkaran disebut bola. Selanjutnya keempat lingkaran tersebut disebut kulit bola. Perhatikan kembali bahasan mengenai luas permukaan tabung dankerucut.
Dari pembahasan tersebut, kita dapat melihat cara mencari luas permukaan bangun ruang yang secara umum adalah sebagai berikut:

1. Membuat jaring-jaring bangun tersebut
2. Menghitung luas jaring-jaring bangun tersebut
3. Luas permukaan bangun sama dengan luas jaring-jaringnya.
Akan tetapi cara seperti tidak dapat diterapkan pada bola karena kita tidak bisa membuat jaring-jaring dari sebuah bola.

Luas Sisi Bola

Untuk mengetahui luas sisi permukaan bola kita dapat menggunakan teori dari seorang ahli matematika berkebangsaan Yunani, yaitu Archimedes (abad ke-3) yaitu: Jika sebuah bola dapat tepat menempati sebuah tabung yang diameter dan tinggi sama dengan diameter bola, maka luas bola itu sama dengan luas selimut tabung. Seperti yang tampak pada gambar di bawah ini:
Perhatikanlah gambar diatas:
Luas bola = luas selimut tabung = 2πrt
=2πr x 2 r
= 4π
Jadi rumus luas permukaan bola adalah 4π
Contoh
Hitunglah luas permukaan sebuah bola dengan jari-jari 12 cm!( π =3,14)
Penyelesaian
Luas Bola = 4π
 =4 x 3,14 x 122
= 12,56 x 144
= 1808,64 cm2
Jadi luas permukaan bola tersebut adalah 1808,64 cm2

Menghitung Volume Bola

Volume bola yang memiliki jari-jari r dapat ditentukan dengan rumus:
Contoh
Sebuah bola memiliki jari-jari 7 cm. Hitunglah volume bola tersebut jika π = 22/7!
Penyelesaian
V = 4/3 π r3
V = 4/3 x 22/7 x 7^3
V= 1437,3 cm3
Jadi volume bola tersebut adalah  1437,3 cm3.
Sekian dulu pembahasan mengenai cara menghitung luas permukaan dan volume bola. Semoga dapat menambah pengetahuan kita. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar